• Jelajahi

    Copyright © LamanBerita.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Rumah Mardhotillah

    Rekam Jejak Mensesneg Pratikno, Aktor di Balik Gibran Nyawapres?

    Kamis, 26 Oktober 2023 Last Updated 2023-10-26T00:02:35Z


     
    Nama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kini sedang ramai diperbincangkan publik. Bukan karena kinerjanya sebagai Mensesneg, melainkan sebutannya sebagai "aktor" di balik pencalonan Walikota Solo Gibran Rakabuming sebagai calon wakil presiden.


    Hal ini pun diungkap oleh aktivis media sosial sekaligus penulis, Puthut EA. Melalui Twitter pribadinya, Puthut pun mengungkap sebutan "aktor" terhadap Mensesneg Pratikno ini sudah lekat di telinga para awak media.


    "Pratikno, disebut oleh banyak jurnalis sbg aktor penting di balik majunya Mas Wali (Gibran). Siapakah Pratikno? Kenapa dia bisa begitu kuat? Kenapa dia bisa melakukan manuver politik dgn misi besar?" tulis Puthut di akun Twitter @puthutea yang diunggahnya pada Sabtu, (21/10/2023) lalu.


    Dari cuitannya tersebut, banyak warganet yang mengaitkan sosok Pratikno sebagai orang kepercayaan Presiden Jokowi yang sudah menjabat sebagai Mensesneg sebagai dua periode ini.


    Meskipun begitu, Puthut pun mengaku dirinya belum bisa menjelaskan alasan mengapa Pratikno disebut aktor dibalik pencalonan Gibran.


    Kiprah Pratikno pun kini juga ikut menjadi perhatian. Lalu, seperti apa rekam jejak seorang Pratikno? 


    Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc adalah seorang akademisi yang terjun ke dunia pemerintahan sejak dirinya dipilih oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) periode 2014-2019 dalam Kabinet Kerja di bawah supervisi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.


    Tak hanya itu, Pratikno pun kembali terpilih sebagai Mensesneg periode 2019-2024 dalam Kabinet Indonesia Maju.


    Kiprahnya sebagai Mensesneg dua periode ini pun tak lepas dari latar belakangnya sebagai seorang akademisi. Jauh sebelum menjabat sebagai Mensesneg, Pratikno pun memulai karirnya sebagai seorang dosen. Pasca lulus dari jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gajahmada (UGM) di tahun 1985, Pratikno pun langsung diterima sebagai dosen di UGM dan mengabdi selama hampir 28 tahun di almamaternya tersebut.


    Pratikno juga berhasil menyelesaikan pendidikan magisternya di Birmingham University, Inggris pada tahun 1990 dan pendidikan doktornya dari Flinders University Australia pada tahun 1997. Pasca mendapatkan gelar doktor, Pratikno pun kembali mengabdi sebagai dosen di UGM dan diberikan amanah sebagai Direktur Program Pascasarjana Prodi Ilmu Politik Konsentrasi Politik Lokal UGM pada tahun 2004.


    Selain bergerak di dunia akademisi, Pratikno pun juga sempat mendirikan LSM Asosiasi untuk Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Ademos) pada tahun 2005 sebagai wadah pembelajaran bagi generasi muda petani di kampung halamannya, Bojonegoro, Jawa Tengah. Kiprah Pratikno sebagai akademisi di bidang politik pun membuatnya terpilih sebagai salah satu moderator dalam ajang debat capres pada tahun 2009 lalu.


    Saat itu, Pratikno yang masih menjabat sebagai Dekan FISIP UGM pun berperan untuk memimpin jalannya debat capres antara 3 pasang capres-cawapres, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto, dan Muhammad Jusuf Kalla-Wiranto.


    Sejak saat itu, nama Pratikno pun mulai diperhitungkan. Pratikno pun akhirnya mencalonkan diri dan terpilih sebagai Rektor UGM periode 2012-2017. Karirnya pun semakin memuncak saat dirinya terpilih sebagai tim ahli program pasangan capres cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla pada tahun 2014 lalu.


    Kemenangan Jokowi - Jusuf Kalla sebagai presiden dan wakil presiden terpilih dalam pilpres tahun 2014 pun juga membuka jalan bagi Pratikno untuk masuk ke dunia pemerintahan.


    Belum genap dua tahun menjabat sebagai Rektor UGM, Pratikno pun dipanggil dan diamanahkan oleh Presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) periode 2014 - 2019 dalam Kabinet Kerja Jokowi - JK.


    Saat Jokowi kembali terpilih sebagai presiden bersama wapres Ma'ruf Amin dalam pilpres tahun 2019 lalu, nama Pratikno kembali dipanggil Jokowi untuk menjabat sebagai Mensesneg kembali periode 2019-2024 dalam Kabinet Indonesia Maju. (Sumber)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini