• Jelajahi

    Copyright © LamanBerita.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Rumah Mardhotillah

    Bos Ritel: Efek Boikot Israel, Ekonomi RI Tumbuh di Bawah 5%

    Kamis, 30 November 2023 Last Updated 2023-11-30T02:51:34Z


     

    Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengungkapkan besarnya efek samping boikot produk Israel oleh masyarakat Indonesia terhadap pertumbuhan ekonomi.


    Dia mengatakan, secara umum aksi boikot itu telah menyebabkan penjualan produk fast moving consumer goods atau produk sehari-hari turun hingga 40% hingga saat ini. Polanya, menurut Roy sesuai dengan prinsip pareto dalam manajemen bisnis.


    "Ya susu bayi, susu anak, mamin buat lansia, yang merek-merek tertentu yang disebar luaskan di sosmed itu sudah drop 40%. Jadi secara overall omzetnya sudah turun, penjualan turun berarti omzet turun kan, itu sudah terkena hampir 20%," kata Roy saat ditemui di kompleks perkantoran Bank Indonesia, Jakarta, dikutip Rabu (29/11/2023).


    Dia pun memperkirakan, karena dalamnya penurunan penjualan produk FMCG yang masuk kategori makanan dan minuman itu, akan menyebabkan pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2023 semakin melambat ke level 4,57%-4,6%. Melanjutkan perlambatan pertumbuhan pada kuartal III-2023 di level 4,9%.


    Karena selama dua kuartal berturut-turut pertumbuhan ekonomi akan melambat di tengah turunnya konsumsi, ia menilai, secara total pertumbuhan ekonomi 2023 hanya akan di level 4,8%. Sebab, pada paruh kedua 2023, pertumbuhan ekonomi tumbuh di bawah 5% beruntun.


    "Kuartal III kita sudah turun jadi 4,9%, ketika kuartal II 5,17%, kuartal I 5,03%. Jadi kemungkinan besar kuartal IV ini kita juga turun, bukan 4,9%, bisa cuma 4,6% mungkin, 4,57%-4,6%, jadi secara yoy kita mungkin enggak sampai 5% dengan penurunan di kuartak III dan kuartal IV bisa di sekitar 4,7%-4,8%," ujar Roy.


    Sebagai catatan, dalam struktur pertumbuhan ekonomi atau produk domestik bruto (PDB) menurut lapangan usaha yang dicatat Badan Pusat Statistik (BPS), sumbangan sektor akomodasi dan makanan-minuman hanya sebesar 2,51%. Pada kuartal III-2023 pun pertumbuhan sektor itu masih mencapai 10,90%.


    Untuk konsumsi rumah tangga, pada kuartal III-2023 memang sudah melambat ke level 5,06% dari pertumbuhan kuartal II-2023 yang mampu tembus 5,22%. Sumbangan konsumsi rumah tangga terhadap ekonomi atau PDB merupakan yang paling besar, yaitu 52,62%.


    Namun, Roy mengingatkan, jika kondisi dampak boikot itu berlanjut, bukan tidak mungkin pertumbuhan akan benar-benar loyo karena permintaan barang-barang kebutuhan sehari-hari yang terdampak telah turun drastis. Maka, dia menyarankan supaya pemerintah memgambil langkah yang tepat dalam merespons fenomena itu.


    "Jadi kembali lagi kita tetap meminta supaya pemerintah segera memberi pernyataan resmi tidak hanya lisan, resmi itu ada tulisannya, ada dalam bentuk surat edaran, ada dalam bentuk ya mungkin tidak hanya satu kementerian tapi kementerian terkait lainnya supaya pemahaman terhadap yang diboikot ini adalah produk yang diproduksi di sana, di Israel," ujar Roy.


    Menurut Roy, pemerintah harus mampu mengedukasi masyarakat bahwa produk-produk yang diproduksi di dalam negeri, dikerjakan oleh masyarakat Indonesia sendiri, dan telah mampu berkontribusi bagi pajak penghasilan (PPh) maupun pajak pertambahan nilai (PPN) tidak harus terdampak pada aksi boikot produk Israel.


    "Itu harus dipikirin dong, enggak dibiarkan begitu saja karena sudah terjadi dan inilah yang kita bilang kecepatan untuk memberikan reaksi respons itu sangat penting. Jadi reaksi mesti cepat dan antisipasinya bagaimana untuk kondisi yang sudah turun ini," tutur Roy.


    "Ya kalau turun terus kan ujungnya yang pernah saya bilang akan terjadi pengurangan juga kan tenaga kerja, kan produksi kurang otomatis pengurangan tenaga kerja," tegasnya.


    Selain itu, dia menganggap demi memulihkan kondisi tekanan ekonomi dari aksi boikot itu, pemerintah juga harus memikirkan pemberian stimulus, baik dalam bentuk subsidi, kebijakan fiskal, tenaga kerja, hingga upah pekerja kontrak atau outsourcing yang bekerja di industri produsen barang-barang yang terdampak aksi boikot.

    kita boikot mestinya produk-produk yang diproduksi di sana, kalau produk yang diproduksi di sini, sertfikat halal, tenaga kerja memperkerjakan tenaga kerja Indonesia, kemudian ada kontribusi ke fisklanya, PPN, PPh, sebaiknya enggak harus diboikot," kata Roy.


    Selain itu, dia juga mengharapkan pemerintah terjun ke lapangan atau turun tangan untuk menindak aksi sidak sepihak ormas-ormas ke toko ritel yang sudah mulai terjadi untuk memboikot produk-produk yang dianggap berhubungan dengan Israel. Menurutnya, sidak itu harusnya dilakukan pemerintah sambil memberi edukasi dan jalan keluar.


    Tapi, Roy juga mengingatkan, tentu yang terpenting juga saat ini ialah mendorong aksi-aksi kemanusiaan harus terus dilakukan untuk membantu masyarakat Palestina yang terdampak perang Israel. Dia juga mendorong jalan diplomasi harus terus dilakukan untuk menciptakan perdamaian di sana.


    "Tetap kita seimbang adalah mendorong misi-misi kemanusiaan dan diplomasi perdamaian," tutur Roy.(Sumber)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini